Teknologi Pendidikan S1
Akreditasi
Akreditas B (Baik) berdasarkn S.K. BAN PT No. 023/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011
Gelar Lulusan
Sarjana Pendidikan (S.Pd)
Deskripsi
Program Studi (Prodi) Teknologi Pendidikan berada di Jurusan
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Prodi ini
menyelenggarakan pendidikan teknologi pendidikan dengan tujuan untuk
menghasilkan lulusan dalam tiga konsentrasi, yaitu pengembang kurikulum
dan pembelajaran, pengembang teknologi pembelajaran, dan pendidik dan
tenaga kependidikan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan
multimedia.
Kompetensi Lulusan
a. Kompetensi utama lulusan ini menjadi penggembang
kurikulum dan teknologi pendidikan serta pendidik dan tenaga
kependidikan yang mampu mengembangkan kemampuan belajar mandiri
ditunjang oleh daya kritis, kreatif, inovatif, profesional, berkesadaran
sosial, budaya, dan lingkungan tinggi, jujur, peduli, santun, dan
tangguh dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
(TIK), perubahan sosial-budaya, dan menjalankan aktivitas kerja profesi
dan sosialnya.
b. Pada konsentrasi pengembang kurikulum dan pembelajaran,
lulusan mampu mengembangkan, mengimplementasikan, mengelola, dan
mengevaluasi kurikulum dengan mengacu pada dasar ideologis-filosofis,
yuridis, sosiologis, psikologis, dan historis dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa yang nasionalis, religius, dan toleran terhadap
keberagaman.
c. Pada konsentrasi pengembang teknologi pembelajaran, lulusan
mampu mengembangkan, menggunakan, mengelola, dan mengevaluasi teknologi
pembelajaran dalam bentuk media dan metode pembelajaran secara
bertanggung jawab dengan mengacu pada prinsip-prinsip pedagogik dan
nilai-nilai etika budaya luhur.
d. Pada konsentrasi pendidik dan tenaga pendidik teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan multimedia,
lulusan mampu menjadi guru dan tenaga kependidikan yang kompeten dalam
menyelenggarakan pembelajaran TIK dan multimedia menggunakan pendekatan
pembelajaran yang tepat dalam suasana demokratis, partisipatoris, dan
emansipatoris.
e. Mampu melakukan penelitian dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan
serta menghasilkan gagasan dan rekomendasi dalam bidang kajian dan
praktik kurikulum dan teknologi pendidikan secara kritis, kreatif,
inovatif, dan tepat.
Kompetensi Pendukung
a. Mampu mengelola dan mengembangkan pusat sumber belajar yang berkualitas.
b. Mampu memahami dan menguasai konsep dan praktik Sistem Pendidikan
Nasional dan kebijakan pendidikan sebagai acuan dalam aktivitas kerja
profesi dan sosialnya.
c. Mampu menjadi trainer aandal dan dapat merencanakan, mengelola, dan mengembangkan program pendidikan dan pelatihan (Diklat) di masyarakat.
d. Mampu mengembangkan potensi diri individual dan kelompok dalam bidang broadcasting,
kewirausahaan, maupun jurnalistik untuk keperluan menunjang tujuan
pembelajaran dengan tetap mengacu pada prinsip-prinsip dasar pedagogik
yang tepat.
Kompetensi Lain
Mampu mengelola tim dan organisasi dalam aktivitas pengembangan
kurikulum dan teknologi pembelajaran serta pembelajaran secara
demokratis dan partisipatoris.
Alamat
Alamat Kantor: Gedung A3 Lantai 1 FIP UNNES;
telp/fax : 024-8508023/024-8508019.
Website: http://teknodik.unnes.ac.id
Subscribe to:
Posts (Atom)
0 comments:
Post a Comment